Membuat Model Jaringan (LAN,WLAN,PAN,MAN,WAN)

Selasa, 16 Agustus 2016

Membuat Model Jaringan (LAN,WLAN,PAN,MAN,WAN)


Membuat Model Jaringan - Disini kelompok kami membuat model jaringan seperti LAN, WLAN, PAN, MAN, dan WAN dengan bahan-bahan yang sederhana. Bahan yang digunakan seperti Styrofoam, lem, lidi,sampul buku, benang jahit dan label. Dan peralatan yang digunakan seperti gunting, penggaris, pensil.
Berikut adalah hasil dari kerja kelompok Tahu bulat




LAN

LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer dalam rumah, sekolah, kampus, dan sebagainya. Local Area Network atau LAN tidak memerlukan jaringan telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi dan tidak juga menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon

Penjelasan untuk gambar model jaringan LAN diatas adalah, sebuah modem yang menghubungkan beberapa perangat komputer menjadi satu. Dengan benang yang menggambarkan sebagai kabel ethernet atau yang biasa disebut kabel LAN


MAN

MAN Merupakan suatu jaringan komunikasi dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai macam lokasi seperti, perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya. MAN meliputi area seluas antara 5 dan 50 kilometer.

Untuk penjelasan gambar MAN diatas adalah, sebuah tower yang menghubungkan jaringan kebeberapa gedung di daerahnya. Dengan adanya menara yang menghubungkan jaringann ke gedung-gedung di daerah tersebut, maka untuk melakukan komunikasi ke gedung-gedung yang lain menjadi mudah.




WLAN

WLAN atau Wireless Area Netwok adalah sebuah jaringan yang menghubungan beberapa perangkat komputer menjadi satu, sama seperti LAN, tetapiWLAN menggunakan wireless untuk menghubungkannya, tidak menggunakan kabel.

Untuk penjelasan gambar model jaringan WLAN diatas adalah, sebuah modem yang menghubungkan jaringan ke beberapa perangkat dengan menggunakan wireless. Dan gambar lingkaran putih diatas adalah batas jarak jaringan wireless


PAN

PAN Merupakan jaringan komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, yaitu hanya dalam beberapa meter saja. Personal Area Network atau sering disebut PAN, menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan Bluetooth. PAN dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti Firewire dan USB.

Penjelasan gambar model jaringan PAN diatas adalah dua perangkat yang terhubung menjadi satu menggunakan bluetooth


WAN
WAN adalah suatu jaringan komputer yang mencakup area yang besar dan luas, yaitu antar wilayah, kota, dan bahkan negara. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN.

Penjelasan dari gambar model jaringan WAN diatas adalah sebuah pulau yang menghubungkan jaringan dengan sebuah menara ke pulau-pulau yang berada di  sekitanya. Pulau-pulau disekitarnya mendapat jaringan dari pulau pusat.

Ini adalah foto dari hasil kerja kelompok Tahu bulat













0 komentar :

Posting Komentar